Memiliki rambut yang bersih, sehat dan bebas ketombe pasti menjadi dambaan setiap orang. Kulit kepala gatal dan berketombe tentu akan sangat menganggu sekali.

Walaupun terlihat sepele, ketombe dapat menjadi masalah yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Cara mengatasi ketombe ini pun sebenarnya susah-susah gampang, karena kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda, apalagi munculnya ketombe ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti misalnya usia, stress, gak cocok shampo dan bahkan faktor salah pola makan.

Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan ketombe ini, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu faktor pencetus atau faktor penyebab ketombe semakin banyak.

Cara mengatasi Ketombe Mudah dan Cepat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya ataupun memperparah ketombe, simak pembahasannya dibawah ini:

 1   Stress

Tingkat strees yang berlebihan akan memicu peningkatan pada hormon Androgen, hal ini akan menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebih sehingga kulit kepala akan berminyak dan menimbulkan pengelupasan pada kulit kepala.

 2   Pola Makan Salah

Selain stress, pola makan yang salah juga dapat mempengaruhi tingkat keparahan ketombe. Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan juga kurang vitamin merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

Kali Aja Butuh   Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit Gigi

 3   Tidak Cocok Shampoo

Salah satu penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe adalah tidak cocok shampoo yang digunakan. Biasanya untuk kulit kepala yang sensitif dan cenderung mudah berketombe akan lebih mudah berketombe jika menggunakan shampoo yang salah. Nah agar ketombe tidak semakin parah sebaiknya kamu menggunakan shampoo yang memiliki kandungan anti dandruff di dalamnya.

 4   Cara Mencuci Rambut Salah

Terlalu sering dan berlebihan mencuci rambut pun tidak baik untuk kesehatan kulit kepala. Apalagi nih kalo misalnya cara mencuci rambut mu tidak benar, misalnya seperti membilas shampoo yang kurang bersih sehingga busa masih menempel pada kulit kepala ataupun penggunaan shampoo yang berlebihan dan tidak merata.

 5   Usia dan Jenis Kelamin

Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, ketombe juga dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Biasanya laki-laki remaja hingga dewasa cenderung lebih mudah berketombe, hal ini dikarenakan faktor hormon yang ada pada laki-laki.

Cara Mengatasi Ketombe

Setelah mengetahui penyebab munculnya ketombe tentu akan mempermudah untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi ketombe yang bisa kalian terapkan dirumah dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Ketombe

 1. Manajemen Stress dengan Baik  

Manajemen stress dengan baik, sehingga walaupun anda mengalami stress tidak akan berdampak terlalu buruk untuk tubuh. Minimalkan stress kamu dengan berbagai kegiatan positif yang lebih menghibur misalnya dengan menjalani hobi ataupun berolahraga.

 2. Jaga Pola Makan 

Penuhi segala kebutuhan nutrisi tubuh, perbanyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung Zinc serta mengurangi mengkonsumsi makanan berminyak.

 3. Gunakan Bahan Alami 

Untuk menghilangkan ketombe yang sudah ada di kulit kepala kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan alami , seperti misalnya menggunakan lidah buaya, lemon, jeruk nipis dan lain-lain.

 4. Pilih Shampoo Anti Dandruff 

Cara selanjutnya untuk mengatasi ketombe membandel adalah dengan menggunakan produk shampoo yang memiliki kandungan anti ketombe seperti zinc pyrithione yang bisa mengatasi ketombe dan juga meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

 5. Perbaiki Cara Mencuci Rambut 

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk mengatasi ketombe adalah memperbaiki cara mencuci rambut, jika tadinya hanya bilas seadaanya. Sebaiknya segera hentikan itu, mulailah bilas rambut mu dengan bersih hingga busa-busa shampoo tidak ada yang tertinggal lagi di kulit kepala.

Nah itulah beberapa cara mengatasi ketombe yang bisa kalian lakukan di rumah. Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami permasalah dengan kulit kepala.

Terima kasih sudah berkunjung ya

Salam hangat

RiKu

 

 

11 Comments

  1. Ketombe memang mengganggu sekali, ternyata salah cara mencuci rambut juga bisa mengakibatkan ketombe. sebelumnya ga pernah merhatikan hal ini

  2. Dulu sempet ngalamin masalah ini tp seringnya Krn g cocok Ama shamponya.

    Mengganggu memang masalah ketombe itu. Dan bikin ga PD. Apalagi kalo pake baju gelap. Serpihannya kan bikin malu kalo sampe kliatan di bagian pundak baju.

    Makanya dulu aku lgs segera switch shampoo dan untung nya udh Nemu yg cocok.

  3. Dan ternyata bener banget Mba kalau aku pas stress itu kadang ada ketombe sedikit gitu, dan hilang kalau udah stress berkurang gitu Mba, makasih banget buat saran-sarannya biar ketombe di kepala berkurang atau bahkan hilang

  4. Ternyata faktor jenis kelamin juga berpengaruh pada ketombe ya.
    Pantesan suami saya berketombe.
    Saya Alhamdulillah tidak. Hihi…

  5. Gara-gara ketombe saya pernah malam-malam nyisir rambut pakai sisir kutu, hihihi.
    Kirain kepalaku kutuan, soalnya gatal banget.
    Ternyata ketombe jauh lebih menyiksa.

  6. Yammpun aku banget nih ketombean, wqwq. Penyebabnya kurang lebih seperti yang disebutkan di artikel, kecuali stress.. kalau stres, biasanya rambut rontok… Untungnya aku udah ketemu produk shampoo yang cocok buat kulit kepalaku, jadinya aku nggak ketombean lagi…
    Tapi baru tau nih kalau pola makan tuh ngaruh juga…

  7. Kalau ak baca ada yg pernah sharing justru jangan pake shampo dandruf. Aku sendiri pernah bermasalah sama ketombe. Tp masih bs diatasi sih. Sekarang aku lbh memilih shampo organik aja, jd lbh calm di kulit kepala.

  8. anakku berarti mungkin salah shampoo ya. Soalnya pas dia ganti shampoo anti ketombe sudah berkurang. Sama pola makan berpengaruh ya.. berarti tinggal perbaiki pola makannya nih

Write A Comment

error: Content is protected !!