Sejak beberapa bulan lalu, saya mulai mengoleksi beberapa tanaman hias seperti succulents dan tananam hias lainnya yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Selain untuk menjadikan rumah terlihat asri, hal ini juga saya lakukan untuk membantu membersihkan udara.

 

Menurut beberapa sumber yang saya baca di internet, ada beberapa tanaman hias yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara, seperti misalnya :

1. Sirih Gading / Golden Pothos / Devil’s Ivy

Saya yakin semua pasti sudah tau tanaman Sirih Gading, tanaman yang memiliki banyak nama lain ini merupakan tanaman merambat yang selain bisa hidup ditanah juga bisa hidup di dalam air. Sirih Gading atau Golden Pothos atau Devil’s Ivy selain untuk memperindah ruangan dapat juga berfungsi untuk menyerap berbagai racun formaldehida dan berbagai zat-zat beracun lainnya.

Sirih Gading

2. Lidah Buaya / Aloe Vera

Saya yakin semua pasti sudah tau tanaman Sirih Gading, tanaman yang memiliki banyak nama lain ini merupakan tanaman merambat yang selain bisa hidup ditanah juga bisa hidup di dalam air. Sirih Gading atau Golden Pothos atau Devil’s Ivy selain untuk memperindah ruangan dapat juga berfungsi untuk menyerap berbagai racun formaldehida dan berbagai zat-zat beracun lainnya.

Lidah Buaya

3. Monstera Deliciosa

Untuk jenis tanaman yang satu ini, saya baru memiliki satu pot saja. Selain karena harganya terbilang cukup mahal, Monstera Deliciosa untuk di wilayah Bengkulu masih jarang ditemukan di depot-depot bunga. Monstera Deliciosa sangat baik untuk diletakkan di dalam ruangan karena pada malam hari Monstera akan menyerap karbondioksida yang ada di dalam ruangan dan melepaskan oksigen, terutama pada saat malam hari.

Kali Aja Butuh   5 Cara Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Alami

Monstera Deliciosa

4. Lidah Mertua / Sansevieria

Lidah Mertua atau Sansevieria, tanaman  yang memiliki banyak sekali manfaat. Bisa di tanaman di luar ruangan ataupun diletakkan di dalam ruangan. Lidah Mertua memiliki banyak sekali jenisnya. Biasanya jenis yang digunakan sebagai hiasan di dalam rumah adalah Lidah Mertua Mini. Selain memiliki manfaat sebagai penyerap  radiasi yang dihasilkan dari barang-barang elektronik, Lidah mertua juga bisa bermanfaat untuk menyerap kandungan karbondioksida, nikotin dan berbagai jenis polutan lainnya.

5. Spider Plant

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, sekilas terlihat seperti rumput ya, namun jika diletakkan di dalam pot kecil, lalu dia tumbuh dengan sangat rimbun tanaman ini akan terlihat sangat cantik. Selain menyegarkan ternyata Spider plant ini mampu menyerap berbagai polutan berbahaya yang ada di udara misalnya seperti karbon monoksida, gas benzena, formaldehida.

Nah itulah kelima tanaman hias yang memiliki banyak manfaat dan cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Selain sebagai pembersih udara tanaman ini akan membantu merelaksasikan otot-otot kita ketika sedang stress. Okee teman-teman, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jika teman-teman memiliki jenis tanaman hias lainnya boleh share di kolom komentar ya, nama dan manfaatnya apa. Happy Reading dan Terima Kasih sudah berkunjung 🙂

 

with love,

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

17 Comments

  1. Relinda Puspita Reply

    Wuih, bisa membuat rileks otot-otot tanamannnya. Kebayang, kalo pulang, jadi malas kemana-mana lagi. Selojoran aja di rumah.

  2. Richa Miskiyya Reply

    Kalo perawatan tanaman hias dalam rumah sendiri gimana ya, mbak? Untuk nyiramnya? Aku pengen succulent gitu, kan banyak yang imut-imut tuh ya

    • Ria Kurniasih Reply

      Kalo aku sendiri sih, kalo kayak monstera itu setiap jam 8 pagi aku keluarin taro di pinggir kolam. kalo yang lain dikeluarin juga untuk disiram

  3. Riawani elyta Reply

    Wah aku punya semuaa…..ditaroh di teras belakang. Tambah apotek hidup dan anthurium

  4. Mutiara Sy Reply

    Beberapa tanaman di atas ada di rumahku juga, karena mama suka. Tanamannya bagus, cantik, ga ribet lagi ngurusinnya. Asal cukup air aja.

  5. Spider plant itu bagus juga. Gampang ga ya peliharanya. Coba aku tanya ke suami. Soalnya dia yang rajin berkebun. Biasanya engga tarok dalam rumah sih. Paling di teras.
    Makasih sharingnya…

  6. Dulu aku punya spider plant dan sirih gading, namun karena lupa diurus akhirnya mati 🙁 pengen nanem lagi deh terus ditambahin tanaman monstera deliciousa yang cakep buat foto. Mana dia bisa menyerap karbondioksidanda dan melepaskan oksigen 🙂

  7. steffifauziah Reply

    paling suka sih sama lidah buaya, dari zaman dulu ibu saya sudah banget tanaman ini, pasti selalu ada ber pot-pot di dalam rumah. selain manfaatnya banyak juga bagus di jadiin hiasan. tapi ternyata banyak jg ya yang bisa jadi tanaman hias. nanti mau beli yang lain ah makasih mba ulasannya.

  8. Bambang Irwanto Reply

    Saya punya Sirih Gading, Lidah Buaya, dan Spider Plant. Nah, sirih Gading ini saya taruh juga di wadah kaca, lalu diisi air. Lainnya, sirih Gading bisa di pot gantung. Jadi nanti menjuntai, Cantik sekali hehehe.

  9. Akarui Cha Reply

    Tanaman Lidah Mertua sama Spider Plant ini cukup banyak menghias beberapa sudut di kantorku, terutama tanaman Lidah Mertua yang memang katanya gamoang dipelihara dan cantik untuk hiasan dalam ruangan.

  10. berkat postingan ini aku jadi tahu kalau tumbuhan itu namanya monstera deliciousa, sering lihat di mana-mana kirain hanya cocok untuk di teras rumah saja ternyata bisa juga di bagian dalam rumah ya. aku jadi ingin beli juga

  11. Sarahjalan_ Reply

    Baru dengar ada tanaman lidah mertua…. Btw itu tanaman apa tetap diletak didalam ruangan saja atau perlu di keluarkan beberapa saat utk dikenakan sinar matahari ya ?

  12. Kalau gak salah, di rumah Mamaku ada sanseveria ini tapi baru tahu kalau dikenal dengan nama Lidah Mertua, hihihih. Si Sirih Gading juga klo ndk salah.
    Ada satu lagi tuh Mbak yg bagus ditanam dan dimasukkan ke dalam rumah, lavender biar bs buat ngusir nyamuk.

  13. Bimo Rafandha Reply

    Jadi inget dulu mama sering banget tanam keladi di rumah. Terus ada lidah mertua juga. Hehe perawatannya mudah kayaknya kak ya.

  14. Komi Kendy Reply

    Lidah mertuanya kok beda ya mbak. Yang komi panjang-panjang tinggi ke atas lidah mertuanya. Btw itu kalo di dalam rumah apa perlu juga dibawa keluar sesekali. Kalo iya, berapa hari sekali ya mbak

  15. Dian Farida Ismyama Reply

    Wah baru punya spider plant. Sirih Gading nya jadi mupeng deh. Mau ah coba pelihara buat di rumah

Write A Comment

error: Content is protected !!