Assalamualaikum hai…haiii everyone

Siapa yang suka bingung antara mie ayam dan mie pangsit ? Yapsss aku dulu pun bingung dan hampir gak ngeh apa beda mie ayam dan mie ayam pangsit. Walaupun Mie nya terbuat dari bahan dasar yang sama, ternyata terdapat beberapa perbedaan loh.

Untuk pencinta kuliner sih aku rasa gak asing lagi ya, apalagi mie ayam dan mie pangsit ini merupakan makanan yang sangat digemari hampir disemua kalangan. Selain harganya murah, mie ayam dan mie pangsit ini memiliki cita rasa khas nusantara sekali. Biar gak kelamaan, langsung aja yuk kita bahas apa beda mie ayam dengan mie pangsit.

Beberapa Perbedaan antara Mie Ayam dengan Mie Pangsit

#1 Tekstur Mie

Perbedaan yang pertama antara mie ayam dan mie pangsit yaitu terletak pada tekstur mie nya, untuk teman-teman yang sering makan mie ayam ataupun mie pangsit pasti sudah mendapatkan gambar dimana letak perbedaannya. Tekstur Mie ayam biasanya cenderung lebih lembek dibandingkan dengan Mie pangsit.

Hal ini terjadi karena perbedaan waktu saat memasak/merebus mie nya. Untuk Mie ayam cenderung lebih sebentar dan tidak terlalu matang, sedangkan mie pangsit dimasak dengan waktu yang lebih lama hingga mie terlihat lebih lembek dan lengket.

Mie ayam

#2 Beda Rasa dan Warna Kuah

Nah untuk perbedaan mie ayam dan mie pangsit yang tidak kalah mencoloknya adalah rasanya. Berdasarkan pengalaman aku, biasanya nih rasa kuah mie ayam itu lebih manis jika dibandingkan dengan mie pangsit yang cenderung sedikit asin. Hal ini dikarenakan kuah mie ayam itu biasanya sering ditambahkan campuran minyak ayam atau olahan minyak sayur dan rempah-rempah. Sedangkan kuah mie pangsit biasanya lebih asin dan lebih ringan.

Untuk warnanya pun sangat berbeda, biasanya kuah mie ayam lebih pekat dan berminyak sedangkan kuah mie pangsit lebih bening.

#3 Toping yang Berbeda

Beda toping yang sangat mencolok diantara mie ayam dan mie pangsit. Untuk mie ayam biasanya disajikan dengan toping ayam, sayuran, dan bahkan di beberapa tempat ada pula yang diberi tambahan ceker ayam. Sedangkan untuk mie ayam biasanya selain ayam dan sayuran sering juga diitambahkan kerupuk pangsit, pangsit basah ataupun kering.

pangsit basah

#4 Beda Mie Ayam dan Mie Pangsit dari Cara Penyajian

Perbedaan yang terakhir antara mie ayam dan mie pangsit adalah dari segi penyajiannya. Jika mie ayam disajikan langsung dalam satu mangkok / piring. Mie ayam pangsit biasanya dibuat terpisah antara kuah dan mie nya. Pada kuah mie pangsit biasanya langsung dimasukan pangsit basah sedangkan dalam mangkok mie nya diletakkan pangsit kering.

Nah itulah kira-kira beberapa perbedaan antara mie ayam dengan mie pangsit. Biasanya setiap kota/provinsi memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi kuah, toping ataupun tekstur mie nya. Sampai disini dulu yaa, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua, btw nanti aku juga akan tulis resep mie ayam rumahan ala chef devina hermawan yah, kebetulan aku udah pernah buat sendiri cuma sayangnya gak sempet aku dokumentasikan

Update : Resepnya sudah aku tulis di postingan ini ya 

Author

Write A Comment