Cara mengolah daging – Daging sapi/kambing merupakan makanan yang memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi. Hal ini tidak mengherankan jika kedua makanan ini akan menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya dagingnya, tulang, bagian ekor, lidah, usus, lambung dan bagian lainnya bisa dijadikan hidangan.

Tapi perlu kalian ketahui, memasak daging itu susah-susah gampang loh, jika teknik yang kalian gunakan saat memasak itu salah, maka hasilnya daging akan alot alias keras.

Ada beberapa tips yang menurut saya berhasil membuat daging sapi/kambing menjadi lebih empuk dan cara-cara ini sudah sering saya gunakan saat mengolah daging sapi/kambing. Apa sajakah caranya? simak tips dibawah ini!

 

cara mengolah daging

Tips Mengolah Daging Agar Empuk

Bungkus dengan daun pepaya sebelum diolah

Salah satu cara yang paling sering saya gunakan saat ingin memasak daging adalah dengan membungkusnya dengan menggunakan daun pepaya sebelum diolah. Menurut keterangan dari beberapa sumber, daun pepaya bisa mengubah tekstur daging menjadi lebih empuk karena daun pepaya  mengandung zat papain yang bisa membuat daging terasa empuk.

Baluri daging menggunakan parutan nanas

Cara lainnya yang juga sangat ampuh untuk mengempukan daging adalah dengan membaluri daging dengan parutan nanas.

Buah Nanas mengandung enzim bromelain yang termasuk dalam kelompok enzim protease sulfihidril. Enzim ini mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein.

Kali Aja Butuh   Resep Tongseng Ayam Enak & Gurih

Sehingga dapat menghasilkan serat pada daging yang membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak.

Rendam daging dalam perasan jeruk nipis / lemon

Cara ketiga adalah merendam daging dalam perasan air jeruk nipis / lemon. Lemon dan jeruk nipis juga merupakan sumber asam yang dapat digunakan untuk melembutkan daging dengan cepat secara alami. Selain melembutkan cara ini juga dapat menghilangkan bau amis pada daging.

Gunakan cuka makan untuk merendam daging

Cara ini terbilang paling jarang saya gunakan. Teknik melembutkan daging menggunakan cuka ini cara kerjanya hampir sama. Seperti melumuri sedikit cuka saat daging di rebus atau sebelum diolah. Setelah diberi cuka, daging dibiarkan beberapa jam. Sumber asam yang ada pada cuka ini mampu melunakkan daging dengan cepat.

Menaburi garam laut pada permukaan daging

Nah, bahan terakhir ini termasuk salah satu yang paling gampang karena pasti ada disetiap rumah. Yaps bahan itu adalah garam. Lumuri daging dengan garam lalu diamkan selama beberapa jam. Garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

Dari kelima cara diatas, cara yang paling sering saya gunakan adalah membungkus daging dengan daun pepaya dan nanas.  Masak apa saja bisa terasa lebih enak saat daging diolah dengan benar.  Selain daging, sop tulang juga menjadi sajian yang populer.

 

Write A Comment

error: Content is protected !!