Olahraga Tanpa Alat, Kenapa Tidak ! – Yas itulah kira-kira ungkapan yang bisa aku katakan selama pandemi ini. Saat sebelum pandemi, walaupun itu tidak rutin biasanya aku masih menyempatkan beberapa kali dalam sebulan untuk fitness. Namun semenjak pandemi kegiatan berolahraga pun hanya dilakukan dari rumah saja, atau sekali-kali kami berolahraga diluar yaitu joging pagi ataupun bersepeda di Pantai Panjang.

Selama pandemi ini, penting sekali bagi kita untuk menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi yang prima, agar tidak mudah terpapar virus covid-19. Salah satunya caranya adalah tetap melakukan olahraga. Nah berikut ini ada beberapa jenis olahraga tanpa alat yang bisa teman-teman lakukan di rumah.

Beberapa Jenis Olahraga Tanpa Alat Yang Mudah Dilakukan

Ada beberapa jenis gerakan badan yang bisa dilakukan tanpa bantuan alat-alat. Walaupun tanpa alat, beberapa kegiatan olahraga ini terbukti bisa membantu untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh, yuk simak berikut ini ulasannya.

JOGGING

Salah satu kegiatan olah tubuh yang paling mudah dan bisa dilakukan dimana saja adalah Jogging. Jogging merupakan gerakan berlari dengan kecepatan rendah. Kamu bisa berlari-lari kecil di sekitar kompleks ataupun berlari beberapa putaran di halaman rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan jogging secara rutin setin pagi ataupun menjelang sore hari.

Walaupun sangat mudah, jogging ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan jantung, membantu membakar kalo dan juga membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat.

Salah satu olahraga tanpa alat yaitu Jogging

PUSH UP

Gerakan tanpa bantuan alat-alat yang selanjutnya adalah Push Up. Push Up merupakan salah satu gerakan olahraga yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Gerakan push-up ini akan membantu untuk membangun dan memperkuat otot tubuh bagian atas serta menguatkan tuluang punggung dan bahu. Melakukan Push Up secara rutin juga dapat menjaga agar tubuh tetap bugar dan memperlancar aliran darah loh.

Kali Aja Butuh   Pentingnya Menjaga dan Memperbaiki Imunitas Tubuh Saat Pandemik

PLANK

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga favorit saya, selain membantu mengecilkan perut, gerakan ini juga bisa membantu untuk mengencangkan otot-otot lengang. Pada awalnya memang sulit sekali melakukan gerakan ini, namun coba lakukan secara bertahap dan rutin. Semakin lama tubuh mu akan mulai terbiasa dan kuat untuk melakukan gerakan ini dalam waktu yang cukup lama.

Plank

SQUAT

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan Squat adalah keseimbangan tubuh. Walaupun gerakan ini tampak sederhana, namun untuk pemula pasti akan terasa sulit untuk menjaga agar tubuh tetap seimbang. Posisi gerakan sederhan hanya menyerupai posisi duduk ini, sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan membentuk tubuh. Untuk pemula lakukan gerakan ini secara bertahap ya agar tidak cedera.

LARI DITEMPAT, OLAHRAGA TANPA ALAT YANG BIKIN BADAN SEGAR

Memiliki dua jenis gerakan, kegiatan lari ditempat ini juga bisa dijadikan alternatif lain untuk olahraga tanpa instrumen. Kedua gerakan lari ditempat adalah Butt Kick dan High Knee. 

Butt Kick adalah gerakan lari ditempat dimana kaku diayunkan kebelakang hingga tumit menyentuh bagian bokong. Sedangkan High Knee adalah gerakan lari ditempat dengan mengangkat lutut hingga sejajar dengan pinggul.

Walaupun sederhana, gerakan ini merupakan salah satu gerakan yang bisa kita kerjakan sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Nah itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan dirumah dan tanpa alat-alat. Sebenarnya masih banyak yang lainnya, namun jika baru pemula sebaiknya lakukan olahraga dasarnya saja, untuk menghindari terjadinya cedera saat berolahraga.

Tetap sehat dengan berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat ya. Menjaga imunitas tubuh kita saat penting sekali, apalagi saat ini kita sedang berpuasa. Tetap sehat dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa sharing dikolom komentar juga ya, jenis olahraga apa yang kalian lakukan di rumah?

20 Comments

  1. aku ga kuat lama pas cobain plank mba waduh keberatan perut wkwk di rumah biasanya sit up atau lari2 kecil cuma ga konsisten sih jadi pengen olahraga rutin lagi biar lemak ilang :p

  2. Yak, jangan menunggu ada alat baru olahraga 😀
    Kecuali, untuk pembentukan bodi, misal memperbesar bagian paha atau lengan, atau membentuk perut kayak roti sobek haha kudu dibantu alat, dan di bawah bimbingan PT.
    Kalau di dalam komplek saya ada area terbuka hijau yang jadi favorit warga buat berolahraga tanpa alat, nah biasanya di situ saya jogging. Tapi di taman lain (dekat komplek) malah sedia alat lengkap yang bisa banget dipakai buat olahraga, dan gratis.
    Yuk berlomba-lomba memiliki badan yang sehat, apalagi masih pandemi gini, kudu dijaga banget daya tahan tubuh kita, salah satunya dengan olahraga itu ya.

  3. Ide olahraganya super menarik mba
    kalo aku biasanya yoga/ pilates di depan laptop
    pakai tutorial dari Youtube.
    ga pake alat aneh2 sih.
    yg penting ada niat dan kemauan aja

  4. Ngga ada alasan untuk tidak bergerak aktif atau olahraga ya.. dengan atau tanpa alat olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.. aku pilih jogging untuk olahraga tanpa alat dan dilakukan pada pagi hari saat udara masih seger

  5. Tahun lalu aku getol banget olahraga tanpa alat, ya… Pakai yoga mat sih, hehe….. Tapi tenyata bisa lho ya, kita ngga pergi ke mana-mana tapi tetap sehat dan bergerak selama di rumah aja. Asaaaaal….. ADA NIAT dan KOMITMENNYA, hahaha…

  6. Jadi bener ya, gak punya alat olahraga sebenarnya bukan alasan untuk gak bisa berolahraga juga. Plank sama sit up itu buat aku menantang banget. Perut terlanjur melembung begini olahraga sederhana pun terasa berat ya. Tapi kalau melihat temen temen yang selama pandemi malah jadi rajin olahraga, jujur aku turut termotivasi.

  7. Sebenernya semua yg disebut di sini aalah olahraga yang simple dan mudah dilakukan di mana aja.
    Tapi dasar saya yang kurang konsisten 😀
    Biasanya kalau badan uda pegeeeel, baru deh tergerak untuk olahraga.
    Padahal setelah usia 40, saya jadi lebih mudah naik BB daripada sebelumnya
    Thank you jadi seperti diingatkan lagi mb ria 🙂

  8. So far aku masih melakukan joging setiap sore walau sekarang gak serajin dulu, hehehheee… Karena anakku pasti ada aja idenya untuk ngajak bermain bersama di rumah.

  9. Saya ngerasa tersindir baca ini, padahal mah bukan sindiran. Hihihi
    Ada 5 cara olahraga yang mudah tanpa alat, cuma butuh niat. Kalau mau cari lainnya juga pasti ada. Tapi kok saya masih saja merasa “halah repot,” atau “ntar kalau ada teman, deh.”

  10. Sebenernya diantara jenis olahraga yang disebutkan di atas aku lebih seneng ke Joging ya Mbak, karena lebih mudah dilakukan, sembari menikmati udara pagi atau sore. Selain itu joging juga bisa dijadikan alat olahraga me time bersama keluarga. Terimakasih sudah mengingatkan bahwa berolahraga tidak harus mahal bahkan bisa dilakukan dengan sederhana, tanpa alat dan tanpa biaya (penting ini)

  11. Olahraga tanpa alat, jalan kaki muter-muter rumah. Itu asli udah keringetan, ckckck. Aku pun kadang suka olahraga kaya yang Mbak Ria sebut. Waktunya juga lebih bebas kan

  12. Sehat emang tergantung niat yaaa. Walau gak punya alat utk olahraga, tanpa alat pun bisa asal punya kemauan. Apalagi masa pandemi gini sebaiknya olahraganya yg bisa dilakukan sendiri aja. Jogging aku suka, kdng cuma jalan doank. Lainnya jarang. Aku yang blm kuat sampai skrng tu plank haha.

  13. Haduuh ketauan nih aku jadinya jarang olahraga wkwk. Di rumah sih pernah yoga atau cari tutorial olahraga di YouTube.

  14. Sering iri sama yang rajin olah raga. Boro-boro plank atau yoga. Jalan aja aku mood mood an. Semoga bisa rajin jalan pagi lagi yaa. Enak sebenarnya di badan jadi seger.

  15. Berolahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi memang penting banget ya Mbak untuk jaga kesehatan. Aku belum pernah coba nih plank sama squat. Coba deh ntar cari-cari contohnya di YT 🙂

  16. Ternyata walau gak menggunakan alat, olahraga pun tetap bisa dilakukan dengan baik dan benar yaa..
    Aku uda lamaaaa banget gak bener-bener menyediakan waktu khusus untuk olahraga. Padahal saat pandemi, jadi rajin beli alat olaharaga di rumah. Ujung-ujungnya nyaman yang gak pake alat begini.
    Hehhee…

  17. Selain lari di tempat, saya juga biasanya jalan kaki dengan lari lari kecil di sekitaran kontrakan
    Biasanya pagi banget supaya anak batita tidak menangis karena melihat bundanya pergi

  18. Aku piliih lari ditempat aja lah mba Ria heheheh
    soalnya nggak kemana-mana dan nggak bisa ninggal yang ada di rumah.
    Semangat walaupun olahraga di rumah ye kan

  19. Adriana Dian Reply

    Abis baca ini jadi pengen mulai rutin olahraga lagiii.. biar tetep sshat dan bugar, olahraga tipis tipis minimal setengah jam seharilah yaaa

    • Jogging paling simple dan tanpa biaya sama sekali bisa dilakukan di mana saja. Satu lg mba yg tanpa alat berenang tp harus ke kolam renang hehhe

Write A Comment

error: Content is protected !!