Sekitar satu minggu yang lalu saya merasakan kecemasan yang luar biasa, sampai-sampai lutut rasanya lemas sekali. Gimana tidak lemas loh, salah satu anak saya yang tadinya sedang asik bermain tiba-tiba tersedak sesuatu. Ternyata tanpa sepengetahuan saya dia memakan permen Re**** , biasanya saat memakan permen ini saya selalu memberikan permen yang sudah dibagi dua agar tidak terlalu besar. Namun malam itu mungkin memang sedang lalai sehingga terjadilah hal tersebut.

Beruntungnya saya, dulu semasa kuliah pernah mempelajari tentang pertolongan pertama pada anak tersedak sehingga saat hal itu terjadi saya langsung meminta anak saya untuk batuk sekencang-kencangnya namun ternyata tidak membuahkan hasil, permen itu masih tersangkut dibagian dalam rongga tenggorokannya. Oleh karena itu saya menggunakan teknik kedua yaitu dengan cara melakukan teknik Heimlich Maneuver dan alhamdulillah tidak sampai 10 menit permen itu akhirnya keluar.

Mungkin teman-teman sudah ada yang pernah mendengar bahkan mengetahui tentang teknik ini ya. Sebuah teknik sederhana untuk mengeluarkan benda yang masuk ke saluran pernapasan, walaupun sederhana, teknik ini tidak bisa digunakan pada anak balita ya moms. Saya menggunakan teknik ini karena putri sulung saya sudah berusia 6 tahun.

Heimlich Maneuver
Heimlich Maneuver

Jika teman-teman mengalami kejadian seperti saya, maka dapat melakukan teknik Heimlich Maneuver seperti yang saya lakukan, cara-caranya adalah seperti ini :

🌼 Atur posisi anda tepat dibelakang anak anda, posisikan tubuh anda benar-benar pas. Anda bisa berjongkok ataupun berlutut dibelakangan anak anda.
🌼 Lingkarkan lengan anda di sekeliling tubuh anak dan buatlah kepalan tangan.
🌼 Letakan kepalan tangan tadi sedikit di atas pusarnya
🌼 Lalu beri tekanan pada kepalan tangan tadu dengan menggunakan tangan yang lainnya dan berikan hentakan ke atas dengan cepat.
🌼 Informasikan terlebih dahulu kepada anak sebelum melakukan hentakan, agar dia tidak kaget dan cema dengan tindakkan yang akan anda lakukan.
🌼 Lakukan tindakkan ini sampai benda yang menyumbat keluar atau sampai anak sudah bisa bernapas dengan normal kembali.

Nah, jika cara di atas telah dilakukan namun tidak berhasil, segera bawa anak anda ke Rumah Sakit atau balai pengobatan terdekat agar mendapat pertolongan medis. Semoga pengalaman saya di atas bisa memberikan manfaat untuk teman-teman yang sudah mampir ke blog saya ya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan malas untuk mengupgrade diri apalagi jika berkaitan dengan masalah kesehatan anak, karena jendela informasi sudah sangat mudah diperoleh.

with love,