Assalamaualaikum Hi Temans

Karena kemarin aku udah posting tentang Beda Mie Ayam dengan Mie Pangsit, sesuai janjiku postingan kali ini aku mau sharing resep membuat Mie ayam enak ala chef Devina Hermawan. Aku udah pernah coba bikin dan rasanya endulita banget. Kayak kita lagi makan mie ayam ala abang-abang gerobak.

Walaupun caranya terlihat susah tapi kalo instruksinya di ikuti dengan benar, mudah-mudahan berhasil kok bikinnya. Nah untuk yang mau lihat videonya langsung aja kepoin Youtube Chef Devina Hermawan. Gak usah lama-lama deh cus langsung aja praktekin bikin mie ayam di rumah ya.

Resep Mie Ayam

Servings 2 People
Mie ayam merupakan salah satu variasi mie yang digemari banyak orang. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran menyediakan menu ini

Ingredients

Bumbu Halus

  • 5 Siung Bawang Putih
  • 7 Siung Bawang merah
  • 2 Buah Kemiri
  • 1 Cm Jahe
  • 1 Ruas Kunyit
  • 3 Sdm Minyak Goreng

Toping Ayam

  • 300 gr Paha ayam fillet, potong dadu
  • 1 batang Serai, Daun Salam (Masing-masing 1 lembar)
  • 3 lembar Daun Jeruk
  • 2 sendok Kecap manis
  • 1 sdm Saus Tiram
  • 1/4 sdt Merica
  • 1/2 sdt Kaldu Jamur
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Gula
  • 1 batang Daun Bawang, Iris

Kuah

  • 4 buah Ceker
  • 1,5 liter Air
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 1/4 sdm Merica
  • 1/2 sdm Kaldu Jamur

Air Gurih

  • 50 ml Air Panas / Kuah Ayam
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Kaldu Jamur

Aromatic Oil

  • 30 gr Bawang Putih (Cincang )
  • 30 ml Minyak
  • 15 gr Kulit Ayam (Iris)

Pelengkap

  • 10 Lembar Casim (Rebus)
  • 1 batang Daun Bawang (Iris)
  • Saus Tomat Sesuai Selera
  • Saus Sambal Sesuai Selera
  • Kecap Manis Sesuai Selera

Instructions 

Kuah

  • Didihkan air dan masukkan ceker
  • Masak hingga air berkurang setengah
  • Bumbui dengan gula, garam, merica, dan kaldu jamur

Aromatic Oil

  • Masak kulit ayam dengan sedikit air hingga airnya susut
  • Setelah air susut, tambahkan minyak dan bawang putih cincang.
  • Masak dengan api kecil hingga kuning kecokelatan

Langkah Selanjutnya

  • Blender bahan bumbu halus, lalu tumis dengan daun jeruk, daun salam, dan serai hingga wangi. Tambahkan ayam, tumis sebentar lalu masukkan daun bawang iris
  • Tambahkan air, kecap manis, saus tiram, merica, kaldu jamur, garam, dan gula, masak hingga air susut dan bumbu meresap
  • Rebus air, masukkan mie dan rebus 1-2 menit tergantung ketebalan mie
  • Untuk air gurih, campurkan air panas / kuah ayam, kaldu jamur, dan garam, aduk rata

Cara Penyajian

  • Masukkan air gurih dan aromatic oil ke dalam mangkukuai selera
  • Tambahkan mie kemudian aduk rata
  • Beri topping ayam, irisan caisim, dan daun bawang, bisa tambahkan lagi aromatic oil, saus tomat, dan saus sambal sesuai selera
Author

Write A Comment