Assalamualaikum dan Hi Temans…

Resep Rendang Telur – Gak kerasa ya, kita sudah memasuki bulan April di tahun 2021 ini dan sebentar lagi kita juga akan menjalankan ibadah puasa. Bagaimana persiapan teman-teman untuk menyambut bulan suci ramadhan tahun ini? Mau gimana pun persiapannya yang penting teman-teman harus selalu menjaga kesehatan ya, agar bisa menjalan ibadah puasanya nanti. Jangan sampai karena sibuk mempersiapkan ini dan itu malah tidak memperhatikan kondisi tubuh.

Hari ini aku mau berbagi sedikit resep masakan lagi nih, siapa tau bisa dijadikan referensi untuk membuat hidangan buka puasa ataupun sahur. Resep kali ini adalah Rendang Telur, resep yang aku dapat dari suamiku yang memang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pertama kali aku nyobain rendang telur ini adalah saat aku tinggal di Bukittinggi, ada salah satu rumah makan disana menyediakan rendang telur, karena penasaran akhirnya aku pun memilih menu ini. Kalau teman-teman pernah makan rendang daging, rasa bumbunya itu tidak jauh berbeda kok. Khas bumbu rendangnya juga terasa di rendang telur ini.

Kali Aja Butuh   Resep Sambal Daging Pete Mudah dan Enak

Untuk telurnya sendiri setelah diolah menjadi rendang teksturnya menjadi lebih padat saat digigit, pokoknya enak deh. Aku pun rasanya tidak percaya kalo telur ini ternyata enak juga jika diolah menjadi rendang. Tapi sebenarnya saat aku di Bukittinggi pun bukan hanya rendang telur yang pernah aku coba makan, ada juga rendang pakis. Ini juga rasanya enak banget apalagi kalo dimakan dengan nasi putih hangat.

Nah, gak usah lama-lama deh, di bawah ini resepnya Rendang Telur Enak dan Sederhana yang bisa teman-teman coba di rumah. Gampang kok buatnya, hanya saja memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Resep Rendang Telur

Prep Time 1 hour
Cook Time 1 hour
Total Time 2 hours
Servings 10 Porsi
Cara membuat Rendang Telur mudah, enak dan sederhana

Ingredients

  • 10 Butir Telur Ayam (Rebus lalu kupas kulitnya)
  • 150 gr Cabe Merah Keriting (Giling Halus)
  • 3 Lembar Daun Salam
  • ½ Butir Pala
  • 5 Biji Cengkeh
  • 3 Buah Kapulaga
  • 1500 ml Santan Kelapa
  • 5 cm Kayu Manis
  • 5 Lembar Daun Jeruk Purut
  • 250 ml Minyak Goreng
  • Garam, Penyedap Rasa , Gula (Secukupnya)

Bumbu Halus

  • 10 Siung Bawang Merah
  • 8 Siung Bawang Putih
  • 3 Ruas Besar Lengkuas
  • 1 Ruas sedang Jahe
  • 1 Ruas Besar Kunyit

Instructions 

  • Panaskan minyak lalu tumis cabe merah yang telah digiling halus. Tumis sebentar sampai aroma cabe mentahnya sudah tidak ada.
  • Masukan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, aduk hingga merata.
  • Masukan sedikit garam, gula dan penyedap rasa (Optional) lalu aduk merata
  • Masukan Daun Salam. serai, dan daun jaruk purut, kapulaga, cengkeh dan biji pala
  • Setelah aroma wangi bumbu telah keluar lalu masukan telur yang telah direbus dan dibuang kulitnya. Aduk hingga telur tercampur bumbu dengan merata.
  • Masukan Santan kelapa lalu masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk agar tidak ada bumbu yang hangus di wajan. Lalu koreksi rasa, jika terasa masih kurang garam masukan sedikit-demi sedikit sampai mendapatkan rasa yang sesuai.
  • Masak hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak.
  • Setelah tampak mengering kecilkan api lalu tunggu hingga santan benar-benar kering lalu angkat.
  • Rendang siap disajikan

Notes

  • Untuk Bumbu sebaiknya jangan beli bumbu jadi. Ada baiknya memang bumbu bulat yang dihaluskan dengan menggunakan blender/ulekan
  • Untuk garam sebaiknya masukan sedikit saja diawal

Nah teman-teman itulah resep rendang telur yang pernah aku buat. Rasanya juga tidak kalah enaknya dengan rendang daging kok. Anak-anak ku pun sangat suka rendang telur ini. Apalagi nih ya rendang telur ini juga cukup tahan untuk disimpan selama berberapa hari tapi dengan catatan penyimpanannya harus benar ya.

Semoga resep kali ini bisa bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba

3 Comments

  1. Mama ku pernah masak rendang telur ini mbaa :D. Dan aku sukaaaak. Biasanya yg srg dijadiin rendang Ama mama, itu daging, ayam, telur, ato paru dan limpa sapi :D.

    Aku sih yg penting bumbu rendangnya itu :D.

    Resepnya ntr mau aku save ah. Sejak ga tinggal Ama mama, udh ga pernah lagi ngerasain rendang, kecuali beli jadi di restoran Padang yaa :D. Ato kalo udh kangen banget, minta mama kirim dr Medan 😀 Krn buatku bikinan mama yg bikin kangen 😀

  2. Ria Kurniasih Reply

    Iyaa ternyata enak ya mbaak, aku pun suka banget ini rendang telur.
    Masakan mama pasti ngangenin ya mbak

  3. wah enak sekali rendang telurnya. Pasti sedap berbalut bumbunya yang mlekoh ini. Biasanya kalau yang dikirim dari padang ga berbentuk bulat telur gini bentuk rendangnya

Write A Comment

Recipe Rating




error: Content is protected !!