Assalamualaikum dan Hai Temans

Sudah hampir beberapa bulan belakang ini, aku dan suami mulai mengizinkan ke dua putri kami untuk kembali bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Walaupun masih dalam kondisi pandemik, tapi rasanya kasihan sekali jika melihat mereka hanya bermain di dalam rumah saja. Oleh karena itu aku punya 5 tips aman anak bermain di luar rumah saat pandemi.

Setelah sekian lama hanya bermain di rumah dan hanya sebatas teras saja, mereka pun mulai merasa jenuh dan bosan hanya bermain berdua saja dan itupun hanya di dalam rumah dan teras saja.

Jujur saja selama pandemi ini, aktivitas mereka di luar rumah memang kami larang untuk mencegah terjadinya penularan. Kami kira pandemik ini hanya akan berlangsung sebentar, tapi nyatanya kita sudah hidup berdampingan dengan virus Covid-19 ini sudah satu tahun lebih.

Jadi rasanya sangat tidak rasional sekali jika kami masih tidak mengizinkan mereka untuk bermain di luar bersama teman-temannya.

Tips Bermain di luar rumahJika sedang bermain di luar rumah, biasanya mereka hanya bermain sepeda di depan ataupun bermain permainan tradisional lompat engklek, yang memang sengaja aku bikin di depan rumah, agar mereka bisa bermain bersama teman-temannya.

Hanya saja kali ini kami memang memberikan aturan yang sangat ketat kepada mereka jika ingin bermain di luar rumah harus tetap mematuhi aturan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan setelah bermain dan tetap menjaga jarak.

Bermain di luar rumah bersama teman-teman memiliki banyak manfaatnya untuk anak seperti

  • Menjaga Kesehatan Mental Anak
  • Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi
  • Meningkatkan Aktivitas Fisik
  • Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian
  • Meningkatkan Kemampuan Anak Untuk Menghargai Lingkungan Sekitar

Nah agar anak tetap aman saat bermain di luar rumah saat pandemik ini, tentu sebagai orang tua harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu ayah dan bunda, simak ulasannya berikut ini !

Tips Aman Bermain di Luar Rumah Untuk Anak Saat Pandemik

 Tetap Patuhi Prokes 3M  

Hal yang terpenting dan utama saat ayah dan bunda mengizinkan si kecil untuk bermain di luar rumah adalah tetap mengajarkan dan mengingatkan si kecil untuk tetap mematuhi aturan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

 Selalu Bawa Hand Sanitizer  

Walaupun hanya bermain di depan rumah saja, tidak ada salahnya jika anak selalu membawa hand sanitizer. Apalagi saat ini sudah banyak sekali produk hand sanitizer yang memang untuk ukuran kantong baju/celana.

 Peringati Anak Untuk Tidak Sembarangan Menyentuh Benda  

Saat bermain di luar rumah, peringati anak agar tidak sembarangan menyentuh benda-benda disekitarnya. Jika sudah terlanjur menyentuh, beritahu anak agar segera membersihkan tangannya dengan hand sanitizer.

 Bawa Minum Dari Rumah  

Jika bermain agak jauh dari rumah tidak ada salahnya jika membekali anak minuman. Hindari anak untuk jajan kudapan ataupun makan camilan di area bermain, kecuali diarea bermainnya ada sarana untuk mencuci tangan.

 Peringati Anak Untuk Tidak Saling Bertukar Mainan  

Usahakan selama pandemi ini belum berakhir, anak-anak tidak saling bertukar mainan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penularan. Beri pengertian kepada mereka tentang resiko penularan jika saling bertukar mainan.

Nah itulah kira-kira beberapa tips yang bisa aku sharing, mungkin dari teman-teman ada tips lain bisa juga sharing dikolom komentar ya. Selain itu selalu tetap awasi anak-anak anda ketika bermain di luar rumah ya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang memiliki anak ataupun keponakan yang masih kecil.

Selalu tetap  menjaga kesehatan  ya, see yaa pada tulisan selanjutnya

 

Write A Comment

error: Content is protected !!